Email
Kata Sandi
Ingat Saya

Mohon menunggu...

Anda berada di : Beranda > Artikel > Artikel Dari Anda > Detail Artikel
 Artikel
10 Dec 2013 07:47:01 | Ditulis Oleh : Ade

Apakah pengempesan ban kendaraan bermotor sudah sesuai hukum?

Seperti yang kita telah ketahui bahwa beberapa bulan terakhir ini, Dishub DKI Jakarta melakukan penertiban terhadap sepeda motor yang memarkir liar kendaraannya. Penertiban dilakukan dengan mencabut pentil ban sehingga kempes, dengan tujuan membuat efek jera lalu memberikan stiker yang berisikan:

“PERHATIAN
PENTIL KENDARAAN ANDA DICABUT

MELANGGAR KETENTUAN PARKIR PS. 106 Jo Ps. 287 UU No 22 Tahun 2009, jo ps 95 huruc C PP 43 Tahun 1993 Jo. Ps. 55 (2) Perda Nomor 12 Tahun 2003 DENDA MAKSIMAL Rp. 250.000,00 ATAU PIDANA KURUNGAN PALING LAMA 1 (SATU) BULAN

UNTUK PENGAMBILAN PENTIL MOTOR

HUB SUDIN HUB JAKARTA TIMUR / SATLANTAS JAKARTA TIMUR
JL PERSERIKATAN NO 1 TERMINAL RAWAMANGUN

Seperti dalam pemberitahuan/stiker sebagaimana telah diuraikan diatas, dasar hukum yang dipakai adalah PS. 106 Jo Ps. 287 UU No 22 Tahun 2009, ps 95 huruc C PP 43 Tahun 1993, dan Ps. 55 (2) Perda Nomor 12 Tahun 2003

Pasal 106 ayat (4) e UU No 22 Tahun 2009

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mematuhi ketentuan:

e. berhenti dan Parkir;

Pasal 287 (3) UU No 22 Tahun 2009

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf d atau tata cara berhenti dan Parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf e dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Pasal 95 ayat (2) huruf C PP No 43 Tahun 1993
Pemindahan kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dilakukan dalam hal:
c. kendaraan yang diparkir pada tempat yang dilarang untuk berhenti dan atau parkir;

Pasal 55 (2) Perda no 12 Tahun 2003

(2) Setiap kendaraan dilarang berhenti atau parkir di badan jalan apabila pada tempat tersebut dilarang untuk berhenti dan/atau parkir yang dinyatakan dengan rambu-rambu dan/atau marka jalan.

Dalam pasal-pasal yang telah diuraikan diatas saya tidak menemukan pasal secara definitif menunjukan bahwa aparat yang berwenang (Dis Hub) dapat melakukan penertiban dengan mencabut pentil ban sehingga kempes, lain halnya dengan penggembokan ban yang telah diatur dalam Pasal 34 ayat (2) Perda 12 Tahun 2012.

Pertanyaannya apakah pencabutan pentil ban sehingga kempes adalah sah dan sudah berdasarkan hukum?

Dan ternyata beberapa bulan setelah Dishub gembor-gembor melakukan pencabutan/pengempesan pentil kendaraan motor tidak berjalan secara efektif, terbukti di daerah Darmawangsa Square dan kemungkinan daerah lainnya, kendaraan motor beroda dua yang tadinya tidak boleh parkir di sebelah darmawangsa square sekarang kembali parkir secara ilegal.

 

   
 Komentar
fast Bila sudah 3x maka TINDAKAN TERAKHIR adalah CABUT SIM selama 5 tahun, Dan tidak Ada pembuatan SIM baru Dalam jangka tsb diatas, BLACKLIST. PEMBELAJARAN DISIPLIN BERLALU LINTAS GUNA MMBUAT JERA,!!
5 years ago
fast Yang Benar harusnya Lansung tindak dengan Surat tilang, Dan sticker P1 artinya PELANGGARAN PERTAMA, SANKSI : lubangi SIM, begitu Ada pelanggaran lagi.... Lubangi lagi HINGGA batas 3x
5 years ago
salsila Kalau lihat di negara tetangga. yg parkir sembarangan langsung di segel dengan menempel barcode dgn kendaraannya. nanti saat perpanjangan stnk atau pajak akan dikenakan denda.
5 years ago
kokiku cabut pentil menurut saya kurang efektif. selain tebang pilih, bisa juga disiasati. drpd ambil pentil k dishub mending beli ban baru cuma 30rb. dpt pentil baru, ban juga baru.
5 years ago
Yarra kalo ini harus konsisten. Sebaiknya anggota DISHUB DKI diperbanyak dan ditugaskan di semua titik Jakarta yang rawan akan parkir liar. Saat ini saya tidak pernah mendengar namanya cabut pentil lagi
5 years ago
andhayoshi menegakkan hukum jangan setengah2, ITU depan mabes polri Coba ditindak, jangan orang umum saja tetapi yang parkir sembarangan depan mabes juga ditindak secara hukum dengan sama.. sudah jelas ada rambu dilarang Parkir, tapi masih sembarangan Parkir.
5 years ago
Ucok Alah dari pada ambil pentil di pengadilan mending beli baru. Kalo ke persidangan nanti bisa jadi 1jt
5 years ago

Anda Ingin Menjadi Bagian Dari Terciptanya
Budaya Tertib Berlalu Lintas?


Unggah Foto atau Video Pelanggaran
Lalu Lintas yang Anda Lihat Disini
dan Dapatkan Hadiahnya.

 Artikel Dari Anda
 Update Ditlantas Polda Metro Jaya
 Tips Keselamatan Berkendara
Copyright © 2013 Ditlantas Polda Metro Jaya and MarkPlus Insight. All Right Reserved.